Home / Berita / Belajar dari COVID-19, 7 Tips Mas Menteri Nadiem untuk Guru Saat Ajari Siswa

Belajar dari COVID-19, 7 Tips Mas Menteri Nadiem untuk Guru Saat Ajari Siswa

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar acara bertajuk ‘Belajar Dari COVID-19’ dalam rangka merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2020. Acara tersebut disiarkan langsung hari ini melalui salah satu stasiun TV nasional. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim membagikan tujuh tips untuk guru-guru maupun orang tua agar dapat dengan efektif memberikan pelajaran kepada anak dari rumah.

Mas Menteri Nadiem mengatakan untuk tips sebagai berikut :

  • Pertama dan juga yang terpenting adalah jangan stres. Jika masih ada banyak guru atau orang tua yang belum mengenal teknologi, cobalah untuk beradaptasi
  • Kedua adalah membagi kelas menjadi kelompok yang lebih kecil. Dengan membagikan murid atau anak ke dalam beberapa kelompok kecil sesuai kompetensi mereka, maka waktu belajar akan lebih efektif.
  • Ketiga Pak Nadiem mengatakan para pengajar bisa memberikan group assignment yang menciptakan suatu tantangan dan kolaborasi. Dengan hal tersebut murid-murid dapat belajar bertanggung jawab, karena nilai mereka saling bergantung satu antarlainnya.
  • Keempat adalah mengalokasikan waktu bagi murid-murid yang tertinggal di dalam kelas. Nadiem mencontohkan jika para guru dapat mengalokasikan waktu mereka kepada murid tersebut dengan baik, maka sang murid dapat lebih percaya diri bergabung lagi dengan yang lainnya nantinya setelah krisis COVID-19 berakhir.
  • Kelima yaitu fokus kepada yang terpenting. Menurut pak Nadiem, kalau kita mengajarkan semua pembelajaran dalam waktu bersamaan maka anak-anak mungkin tidak dapat memahami dengan baik. Oleh karena itu daripada kejar tayang semua topik, inilah saatnya untuk menguatkan konsep fundamental yang mendasari kemampuan para murid untuk bisa sukses di pelajaran manapun.
  • Keenam adalah mencontek dari guru-guru lain. Pak Nadiem mengatakan bahwa banyak guru yang berinovasi dengan metode belajar online. Sama seperti murid adapula guru yang lebih cepat beradaptasi dan ada juga guru yang lebih lambat dalam beradaptasi.
  • Ketujuh adalah have fun. Nadiem berpendapat bahwa mengajar itu tidak mudah tapi siapa bilang harus membosankan.

“Walaupun kita dalam krisis, ini saatnya kita mencoba hal-hal yang masih diragukan namun dalam hati kita, kita rasa inilah yang terbaik. Inilah saatnya kita mendengarkan insting kita sebagai guru dan orang tua dan bukan hanya mengikuti proses seadanya. Seperti murid, inilah saatnya guru berinovasi dengan melakukan banyak tanya, banyak coba, dan banyak karya,” pungkasi PakMenteri.

Sumber : news.detik.com

About adminsmk2