Home / Artikel / Cara Memainkan Kahoot – Kuis untuk Pembelajaran di Kelas (Bagian 3)

Cara Memainkan Kahoot – Kuis untuk Pembelajaran di Kelas (Bagian 3)

Setelah membuat Kahoot – Kuis pada artikel sebelumnya (disini) maka tahapan selanjutnya adalah memainkan Kuis yang telah dibuat pada pembelajaran di Kelas. Seperti yang sudah disampaikan pada artikel sebelumnya bahwa Kahoot – Kuis ini bisa digunakan pada saat pre-test sebelum masuk pada materi baru, latihan, post-test, penguatan materi, remedial, pengayaan dan lainnya, yang pasti sebagai variasi dalam menyampaikan materi agar siswa tetap fokus dan minat pada pembelajaran.

Peralatan yang harus dipersiapkan dalam memainkan Kahoot – Kuis ini adalah: 1. Laptop Utama, digunakan untuk membuka soal dan kontrol guru. 2. Proyektor, digunakan untuk menampilkan tampilan soal pada laptop ke layar agar mampu dilihat banyak siswa. 3. Perangkat Siswa bisa berupa laptop, ponsel cerdas atau tablet, dugunakan untuk menjawab soal pilihan. 4. Jaringan Internet.

Peralatan sudah tersedia, maka langsung saja masuk pada cara memaikan Kuis:

Pertama
Langkah pertama silahkan masuk pada https://getkahot.com dan klik Sign in pada menu di kanan atas, lalu kita akan diarahkan pada laman Sign in.

Kedua
Langkah kedua adalah masuk menggunakan account yang telah dibuat dengan memasukkan email dan passwordnya.

Ketiga
Langkah berikutnya adalah klik pada menu My Kahoot pada menu disebelah kiri atas.

Kempat
Langkah keempat yaitu tampilan laman berikutnya daftar kuis yang telah dibuat, lalu pilih mana Kuis yang akan dimainkan dengan cara klik tombol Play.

Kelima
Langkah kelima Kita akan diarahkan pada pilihan cara bermain yaitu Classic atau Team Mode. Bermain cara Classic dipilih jika masing-masing siswa mempunyai perangkat untuk mengakses Kuis. Namun jika tidak semua siswa memiliki perangkat, maka sebaiknya dibuat menjadi beberapa kelompok menyesuaikan dengan jumlah perangkat yang tersedia dan pilih menu Team Mode.

Jika memilih Classic akan muncul satu nama siswa

Untuk pilihan Team Mode silahkan masukkan nama-nama siswa dalam satu kelompok tersebut.

Keenam
Setelah memilih Classic atau Team Mode langkah keenam adalah muncul nomor PIN yang akan digunakan siswa untuk mengakses Kahoot – Kuis ini.

Ketujuh
Melalui perangkat masing-masing siswa diarahkan untuk mengakses https://kahoot.it dan masukkan Nomor PIN untuk mengakses permainan kuis ini.

kedelapan
Yup, saat ini Kita sudah siap memulai memainkan kuis dengan jumlah soal yang telah dibut. Tampilan laptop milik guru untuk mengontrol jalannya kuis, sedangkan pada perangkat siswa hanya akan muncul pilihan jawaban. Pilihan jawaban siswa otomatis akan berganti menyesuaikan dengan soal nomor berapa yang sedang ditampilkan.

Kesembilan
Setiap satu soal yang dijawab oleh siswa akan langsung muncul analisis berapa siswa yang memilih masing-masing pilihan jawaban. Pada sesi Ini juga dapat digunakan untuk langsung membahas jawaban soal tersebut. Pembahasan soal juga dapat dilakukan dengan menanya alasan siswa yang memilih jawaban tidak tepat. Tentu ini akan menjadikan diskusi yang menarik, dan siswa secara tidak langsung akan belajar mengemukakan pendapatnya sesuai dengan pola pikirnya. Guru-pun dapat mengetahui sejauh mana perkembangan pola pikir siswanya. Terbayang bagaimana asyiknya pembelajaran dikelas? Jika sudah maka lanjutkan pada soal nomor berikunya dengan memilih tombol Next pada pojok kanan atas.

Kesepuluh
Langkah berikutnya sebelum lanjut pada soal yang akan dituju akan ditampilkan nilai sementara masing-masing siswa pada soal yang telah dikerjakan sesuai peringkat.

Kesebelas
Ulangi langkah-langkat tersebut hingga akhir soal. Pada akhir sesi akan muncul nama siswa dengan nilai tertinggi. Nilai ini berdasarkan skor benar dan skor kecepatan dalam menjawab. Untuk analisis pilihan gandanya bisa diklik menu Get Result.

Keduabelas
Langkah berikutnya untuk analisis butir soal pilihan gandanya silahkan klik Save Result, lalu pilih Direct Download dan klik save to my computer. File yang didownload berupa excel analaisi butir soalnya.

Ketigabelas
Selanjutnya pada perangkat siswa akan muncul survey kepuasan menggunakan pada Kahoot seperti gambar dibawah ini. Terdapat pilihan rating bintang, lalu tanda jempol untuk kepuasan pembelajaran dan rekomendasi menggunakan Kahoot, terakhir pilihan emoticon untuk terus menggunakan Kahoot.

Seluruh langkah telah kita lalui, saatnya penerapan pada siswa untuk membuat pembelajaran lebih menarik, kreatif dan tentunya meningkatkan partisipasi siswa. Selamat Mencoba! Semoga bermanfaat.

Salam,

Irfan F. Wibisono

About adminsmk2

Check Also

Uji Kompetensi Siswa (UKK) SMK Sarana Mengukur Daya Saing Peserta Didik

SMK Bisa SMK Hebat jargon yang menjadi penyemangat bagi jutaan peserta didik sekolah menengah kejuruan …