Home / Artikel / Kahoot – Jumble, Belajar dengan Permainan Menjodohkan, Menyusun dan Mengurutkan (Bagian 4)

Kahoot – Jumble, Belajar dengan Permainan Menjodohkan, Menyusun dan Mengurutkan (Bagian 4)

Kahoot – Jumble, adalah menu permainan baru dari Kahoot. Jumble jika diartikan kedalam bahasa Indonesia adalah campur aduk, maka jika diterjemahkan dalam permainan yaitu menjodohkan, menyusun atau mengurutkan jawaban acak dari pertanyaan yang diajukan. Cara memainkannya sangat sederhana, siswa diminta menekan pilihan jawaban dan menggesernya sesuai urutan.

Jika permainan ini diterapkan dalam pelajaran bahasa Inggris bisa berupa permainan mengurutkan kata menjadi kalimat yang tepat. Contohnya tedapat kalimat This is a Book, siswa diminta untuk menyusun menjadi kalimat tanya dengan pilihan jawaban a. Book; b. Is; c. A; dan d. This maka siswa akan menyusunnya dengan urutan b. (is), d (This); c. (A), dan terakhir a. (Book) menjadi Is this a Book?.


Pada pelajaran Matematika bisa berupa permainan mengurutkan nilai terkecil ke terbesar dari sebuah bilangan. Contoh jika x = 2 maka urutkan bilangan berikut dari yang terkecil ke terbesar!. Diajukan 4 bilangan acak, a. 5x; b. 2x – 2; c. 8 – x dan d. 3x + 1 maka jawabannya siswa diharuskan menyusun dari yang terkecil yaitu b (2), c (6), d (7) dan terbesar a (10).


Jika diterapkan dalam pelajaran produktif contohnya disajikan gambar cara kerja mesin 4 langkah seperti gambar berikut:


Diberikan pilihan jawaban a. Usaha; b. Buang; c. Kompresi dan d. Hisap maka susunan yang tepat berdasarkan gambar adalah d. (Hisap); c. (Kompresi); a. (Usaha) dan terakhir b. (Buang).


Selanjutny dalam pelajaran pengenalan nama unsur Kimia berupa contoh-contoh logam. Disajikan gambar logam dan siswa diminta untuk mencocokkan nama logam sesuai dengan urutan gambar.


Terakhir dalam pelajaran Sejarah dapat berupa mengenal tokoh-tokoh dari fotonya. Pada soal disajikan empat gambar presiden Republik Indonesia, siswa diminta untuk mengurutan yang menjabat dari kemerdekaan.


Yup kelima contoh diatas cukup bisa mewakili apa itu Kahoot – Jumble, nah bagaimana? Apakah tertarik? Selamat mencoba. Semoga Bermanfaat.
Salam,
Irfan F. Wibisono

About adminsmk2

Check Also

IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI DI SEKOLAH

Saat ini, kegiatan di sekolah ditengarai belum optimal mengembangkan kemampuan literasi warga sekolah, khususnya guru …