Home / Artikel / Langkah-langkah Membuat Kuis dengan Kahoot (Bagian 2)

Langkah-langkah Membuat Kuis dengan Kahoot (Bagian 2)

Setelah mengetahui apa itu Kahoot pada artikel sebelumnya (disini), sekarang saatnya mencoba membuat salah satu dari 4 pilihan permainan yang tersedia (kuis, diskusi, survey, dan campuran). Pada artikel ini permainan pembelajaran yang akan dibahas adalah “Kuis”. Kahoot – Kuis merupakan permainan pilihan ganda dengan maksimal jumlah pilihan 4 butir jawaban. Pada tampilan soal kuis pilihan ganda bisa memunculkan gambar atau video tergantung dengan bentuk soal yang kita inginkan.

Permainan kuis ini bisa digunakan pada saat pre-test sebelum masuk pada materi baru, latihan, post-test, penguatan materi, remedial, pengayaan dan lainnya, yang pasti sebagai variasi dalam menyampaikan materi agar siswa tetap fokus dan minat pada pembelajaran. Baiklah, sebelum memulai membuat Kahoot – Kuis, kita siapkan dulu daftar soal dan jawaban, gambar atau video pendukung agar memudahkan dalam mengelolanya dikarenakan dalam pembuatan Kahoot harus terkoneksi dengan internet. Langkah-langkah dalam pembuatan Kahoot – Kuis adalah sebagai berikut:

Pertama
Langkah pertama silahkan buka https://getkahoot.com maka akan diarahkan pada laman seperti gambar berikut:

Kedua
Bagi yang belum memiliki account, silahkan daftar dulu dengan meng-click GET MY FREE ACCOUNT pada layar kanan atas.

Ketiga
Langkah ketiga akan muncul pilihan pengguna Kahoot. Ada pengguna sebagai guru, siswa, masyarakat umum atau pekerja. Pilih Teacher (Guru) sesuai dengan profesi.

Keempat
Selanjutnya langkah keempat isi identitas sesuai dengan kolom yang telah disediakan. Mulai dari nama sekolah, nama pengguna, alamat email, password. Setelah lengkap kilk Join Kahoot!.

Keima
Pada langkah kelima kita akan diarahkan pada tampilan permainan apa yang akan kita ciptakan. Pada artikel ini kita pilih Quiz.

Keenam
Pada langkah keenam kita ada pada laman mengisi identitas Kuis yang dibuat. Mulai dari 1. Judul Kuis, 2. Deskripsi singkat, 3. Penggunanya (dalam contoh ini everyone) ,4. Credit (identitas pembuat Kuis), 5. Bahasa yang digunakan, dan 6. Sasaran Kuis (Sekolah) . Jika sudah klik 7. Ok, Go pada pojok kanan atas untuk melanjutkan ke laman berikutnya.

Keetujuh
Langkah ketujuh adalah memasukkan butir soal dengan cara mengklik tanda plus.

Kedelapan
Pada langkah ke delapan isiannya adalah 1. Pertanyaanya, harus singkat padat dan jelas; 2. Batasan waktu untuk mengerjakan, dalam contoh 20 detik; 3 Jawaban pertama; 4. Jawaban kedua; 5 Jawaban ketiga; 6. Jawaban keempat; 7. Kunci jawaban dengan cara meng-klik centang pada jawaban yang telah ditentukan hingga berubah menjadi warna hijau; 8. Keterangan sumber soal; 9. Masukkan gambar dengan cara mengklik kotak gambar sehingga akan muncul pilihan lokasi folder tempat gambar yang akan diambil dari komputer, atau bisa juga dengan menyeret dan menaruh gambar dari computer ke lokasi kotak gambar yang telah disediakan tersebut. Langkah selanjutnya klik Next pada pojok kanan atas untuk lanjut ke butir soal no 2 dan seterusnya.

Kesembilan
Butir soal nomor 2 dan seterusnya ditambah dengan cara meng-klik tanda plus. Gambar pensil untuk mengedit soal yang telah dibuat; Gambar kertas ganda untuk mengcopy soal; Gambar keranjang sampah untuk menghapus. Jika sudah selesai semuanya klik save pada pojok kanan atas untuk menyimpan hasil kerjaan.

Kesepuluh
Yup, langkah kesepuluh soal sudah tersimpan dan terpublikasi untuk digunakan. Walaupun sudah tersimpan dan terpublikasi namun masih bisa diedit. Sebelum digunakan oleh siswa Kuis juga bisa dicoba sendiri dengan meng-klik tombol review. Jika akan langsung menggunakan Kuis bisa dengan meng-klik tombol Play It, dan terakhir bisa menyebarkan tautan Kuis yang kita buat ke media social dengan tombol Share it.

Yak, demikian langkah-langkah dalam membuat Kahoot – Kuis, mudah bukan? Adapun cara memainkan bersama siswa didepan kelas atau forum akan dibahas pada artikel selanjutnya. Selamat mencoba!  Semoga bermanfaat.

Salam,

Irfan F. Wibisono

About adminsmk2

Check Also

Uji Kompetensi Siswa (UKK) SMK Sarana Mengukur Daya Saing Peserta Didik

SMK Bisa SMK Hebat jargon yang menjadi penyemangat bagi jutaan peserta didik sekolah menengah kejuruan …