Home / Berita / MENUMBUHKEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG MELALUI JUMAT BERSIH

MENUMBUHKEMBANGKAN SEMANGAT GOTONG ROYONG MELALUI JUMAT BERSIH

Kuripan – Gotong  royong merupakan sikap hidup, cara kerja, dan kebiasaan yang sudah dikenal bangsa Indonesia secara turun-temurun sejak zaman dahulu. Dalam gotong royong, orang menyelesaikan suatu kegiatan secara bersama-sama dengan saling berbagi tugas dan saling tolong menolong, kebersamaan menjadi strategi dalam kehidupan sehari-hari.

Bergotong royong adalah satu kegiatan sosial yang sangat mulia tanpa pamrih untuk mencapai suatu tujuan bersama. Kita semua adalah anggota dari satu keluarga besar yang mendiami sebuah rumah besar dalam bentuk negara, kita adalah bersaudara dan sekeluarga. Dengan demikian, kita harus saling perduli, saling menolong, serta saling mendukung dan tidak saling menjatuhkan.

Dalam kehidupan sehari-hari, dahulu kita dengan mudah dapat menjumpai budaya gotong royong misalkan, mendirikan rumah, mengerjakan sawah, membantu tetangga yang sedang berduka dan gotong royong dirumah pesta, kerja sama tersebut bukan hanya dilakukan oleh sanak keluarga yang terkait saja, tetapi semua masyarakat dalam kampung ikut berbaur dalam kerja sama, demi proses acara dan kegiatan bisa berlangsung dengan baik, dengan bergotong royong, semua tugas berat akan menjadi lebih ringan.

Namun sejalan dengan perkembangan jaman, semenjak arus globalisasi dan modernisasi yang melahirkan corak kehidupan yang sangat kompleks dan tanpa disadari dengan perkembangan tersebut, lambat laun budaya gotong royong mulai memudar dalam masyarakat. suka tidak suka dan mau tidak mau,  dapat kita rasakan bersama bangsa ini mulai kehilangan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya yang salah satunya adalah budaya gotong royong.

 

 

 

 

 

 

 

Kerja bakti membersihkan lingkungan yang dahulunya dengan mudah dapat ditemui, kini sudah mulai jarang kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari masyarakat kita, kehidupan ekonomi misalnya, pada masyarakat pedesaan yang sebagian besar bekerja pada sektor pertanian, setelah masuknya masa industrialisasi, semangat gotong royong masyarakat menjadi berkurang, dan menimbulkan kecenderungan sifat individualis dalam masyarakat, sehingga ada anggapan umum ” hidup bebas asal tidak mengganggu kehidupan orang lain”.

Beranjak dari hal tersebut di SMK Negeri 2 Kuripan melalui kegiatan Jumat Bersih Bakti Kampus ditumbuh kembangkan kembali semangat gotong royong bekerja bersama-sama membersihkan lingkung sekolah. Kegiatan ini selain bertujuan menumbuhkan kembali semangat gotong royong juga mengajak peserta didik untuk peduli terhadap lingkungan sekitar khususnya di sekolah. Untuk membangun dan memotivasi kembali semangat gotong royong tentunya tidak hanya sebatas seremonial seperti diperingati dan dicanangkan saja, akan tetapi perlu dukungan semua elemen sekolah dan terus menerus dilaksanakan dengan semangat kebersamaan.

About adminsmk2

Check Also

Istigosah dan Jalan Sehat Bersama

Rangkaian peringatan ulang tahun SMKN 2 Kuripan ke 19 diperingati selama 3 hari.  SMK Negeri …