Home / Artikel / Model Pembelajaran Terbimbing dan Sains (Inquiry Learning)

Model Pembelajaran Terbimbing dan Sains (Inquiry Learning)

Model pembelajaran yang dirancang membawa peserta didik dalam proses penelitian melalui penyelidikan dan penjelasan dalam setting waktu yang singkat (Joice &Wells, 2003).

Model pembelajaran Inkuiri terbimbing merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis kritis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya dari sesuatu yang dipertanyakan. Sedangkan Inkuiri Sains esensinya adalah melibatkan siswa pada kasus yang nyata di dalam penyelidikan dengan cara mengkonfontasi dengan area yang diselidiki, dengan cara membantu mereka mengidentifikasi konsep atau metodologi pada area investigasi serta mendorong dalam cara-cara mengatasi masalah.

Tujuan Pembelajaran Inquiry untuk mengembangkan kemampuan berfikir secara sistimatis, logis dan kritis sebagai bagian dari proses mental.

Sintak/tahap model inkuiri terbimbing meliputi:

  • Orientasi masalah;
  • Pengumpulan data dan verifikasi;
  • Pengumpulan data melalui eksperimen;
  • Pengorganisasian dan formulasi eksplanasi, dan
  • Analisis proses inkuiri.

Sintak/tahap model inkuiri Sains (Biology)

  • Menentukan area investigasi termasuk metodologi yang akan digunakan
  • Menstrukturkan problem/masalah
  • Mengidentifikasi problem-problem yang kemungkinan terjadi dalam proses investigasi
  • Menyelesaikan kesulitan/masalah dengan melakukan desain ulang, mengumpulkan dan mengorganisir data dengan cara lain dan sebagainya.

About adminsmk2

Check Also

Workshop MGMP/MGBK SMA, SMK dan PK-PLK Kab. Lombok Barat Tahun 2018

Kuripan (24/10/18) –Dalam rangka revitalisasi MGMP/MGBK SMA, SMK dan PK-PLK Se Kabupaten Lombok Barat Dinas …