Home / Artikel / Pembelajaran Praktik Kerja Lapangan di SMK

Pembelajaran Praktik Kerja Lapangan di SMK

Proses Pembelajaran diselenggarakan dengan berbasis aktivitas secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik. Selain itu proses pembelajaran juga memberikan ruang untuk berkembangnya keterampilan abad 21 yaitu kreatif, berfikir kritis, penyelesaian masalah, kolaborasi, dan komunikasi yang memberikan peluang bagi pengembangan prakarsa dan kemandirian sesuai dengan minat, bakat, dan perkembangan psikologis peserta didik. Karakteristik proses pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik program keahlian yang berada pada bidang keahlian yang dilakukan di sekolah/madrasah, di dunia kerja Du/Diatau gabungan dari keduanya. Pelaksanaan proses pembelajaran melibatkan Du/Du melalui model penyelenggaraan Praktik Kerja Lapangan.

Pembelajaran di dunia  kerja Du/Di adalah program PKL yaitu kegiatan pembelajaran praktik untuk menerapan, memantapan, dan meningkatan kompetensi peserta didik.  Pelaksanaan PKL  melibatkan praktisi ahli yang berpengalaman di bidangnya untuk memperkuat pembelajaran praktik dengan cara pembimbingan.

Tujuan PKL adalah:

  1. Memberikan pengalaman kerja langsung (real) kepada peserta didik dalam rangka menanamkan (internalize) iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
  2. Menanamkan etos kerja yang tinggi bagi peserta didik untuk memasuki dunia kerja dalam menghadapi tuntutan pasar kerja global.
  3. Memenuhi hal-hal yang belum dipenuhi di sekolah agar mencapai    keutuhan standar kompetensi lulusan.
  4. Mengaktualisasikan salah satu bentuk aktivitas dalam  penyelenggaraan Model Pendidikan Sistem Ganda (PSG) antara SMK dan Institusi Pasangan Du/Diyang memadukan secara sistematis dan sistemik.

Manfaat PKL :

  1. Manfaat bagi peserta didik
  • Mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang telah diperoleh di sekolah.
  • Menambah wawasan mengenai dunia kerja khususnya berupa pengalaman kerja langsung (real)   dalam rangka menanamkan  iklim kerja positif yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.
  • Menambah dan meningkatkan kompetensi   serta dapat menamkan etos kerja  yang tinggi.
  • Memiliki kemampuan produktif sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari.
  • Mengembangkan kemampuannya sesuai dengan bimbingan/ arahan pembimbing industri dan dapat berkontribusi kepada  dunia kerja.

2. Manfaat bagi sekolah

  • Terjalinnya hubungan kerjasama yang saling menguntungkan antara sekolah dengan  Du/Di
  • Meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja selama PKL.
  • Mengembangkan program sekolah melalui sinkronisasi kurikulum, proses pembelajaran, teaching factory, dan pengembangan sarana dan prasarana praktik berdasarkan hasil pengamatan di tempat PKL.
  • Meningkatkan kualitas lulusan.

3. Manfaat bagi dunia kerja

  • Du/Di lebih dikenal oleh masyarakat khususnya masyarakat sekolah sehingga  dapat membantu promosi produk.
  • Adanya masukan yang positif dan konstruktif  dari  SMK untuk perkembangan Du/Di.
  • Du/Didapat mengembangkan proses dan atau produk melalui optimalisasi peserta PKL.
  • Mendapatkan calon tenaga kerja yang berkualitas sesuai dengan kebutuhannya.
  • Meningkatkan citra positif Du/Dikarena dapat berkontribusi terhadap dunia pendidikan sekaligus sebagai implementasi dari Inpres No 9 Tahun 2016.

      Program PKL dirancang untuk menyiapkan lulusan yang siap memasuki dunia kerja dan mampu mengembangkan sikap profesional di bidang kejuruan. Lulusan pendidikan menengah kejuruan diharapkan menjadi individu yang produktif yang mampu bekerja menjadi tenaga kerja menengah dan memiliki kesiapan untuk menghadapi persaingan kerja.

About adminsmk2

Check Also

Uji Kompetensi Siswa (UKK) SMK Sarana Mengukur Daya Saing Peserta Didik

SMK Bisa SMK Hebat jargon yang menjadi penyemangat bagi jutaan peserta didik sekolah menengah kejuruan …