Home / Artikel / PT Gazgas Indonesia, Pabrik Perakitan Sepeda Motor Lokal, Pasuruan – Jawa Timur

PT Gazgas Indonesia, Pabrik Perakitan Sepeda Motor Lokal, Pasuruan – Jawa Timur

Tidak seperti Kamis pagi yang cerah, pada Kunjungan Industri sesi 2 kali ini Sabtu pagi, 8 April 2017 masih mendung sisa-sisa hujan semalaman yang mengguyur kota Malang. Namun cuaca mendung tidak menyurutkan semangat peserta KI sesi 2 dengan tujuan PT. Gazgas Indonesia Jl. Setiabudi No. 1 – Pasuruan, Jawa Timur. Masih dengan peserta yang sama yaitu 3 kelas, rombongan bertolak dari P4TK BOE Malang pukul 08:00 dan tiba dilokasi pukul 09:35. Saat rombongan tiba team safety langsung menyambut kami dengan ramah dan langsung mengarahkan kami untuk menuju ruang pertemuan. Sebelum acara dimulai pihak safety memaparkan aturan selama di lokasi pabrik yaitu: Dilarang merokok, dilarang mengabadikan kegiatan produksi dengan kamera dan diwajibkan berjalan pada jalur yang telah disediakan, ntuk itu kami tidak dapat mengabadikan kegiatan di jalur produksi.

Selesai pemaparan safety dilanjutkan dengan pembukaan sekaligus penyambutan dilakukan oleh Bapak Adi Setiawan, selaku General Manager PT. Gazgas Indonesia. Beliau menghaturkan banyak terimakasih atas kunjungannya dan perusahaan ini telah menjalin kerjasama yang baik dengan P4TK BOE Malang untuk melakukan uji emisi motor roda 3. Selanjutnya prakata dari perwakilan P4TK BOE yaitu Bapak Sasongko. Beliau menyampaikan kepada manajemen bahwa peserta KI adalah bapak ibu guru SMK yang sedang mengikuti program keahlian ganda selama 1 tahun, dan saat ini sedang melakukan kegiatan belajar IN-1 di P4TK BOE Malang selama 2 bulan. Bapak Sasongko memaparkan bahwa tujuan program keahlian ganda adalah untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan guru bidang produktif dengan merekrut dan melatih guru normatif adaptif menjadi guru produktif sesuai dengan kebutuhan dan minatnya. Beliau juga menyampaikan pada manajemen adapun tujuan diadakanya KI ke PT. Gazgas Indonesia adalah untuk mengetahui proses pekerjaan dan perakitan sepeda motor.

Acara selanjutnya yaitu pemaparan company profile yang dibawakan oleh Pak Adi. Adapun pemaparan company profilenya kami rangkum sebagai berikut: Gazgas Indonesia merakit dan mendistribusikan berbagai jenis motor trail, mini moto dan special engine. Secara resmi perusahaan didirikan pada tahun 2013 dibawah Sejati Group perusahaan distributor Air Mineral Aqua, Mizone dan Milkuat wilayah Jawa Timur dan Indonesia Timur. Perusahaan juga telah menjalin kerjasama dengan perusahaan leasing sepeda motor Adira Finance.

Perusahaan memiliki visi yaitu menjadi perusahaan terdepan dalam bidang manufaktur melalui sumber daya manusia dan manajemen yang profesional serta teknologi informasi yang tepat guna untuk menjadi market leader di Indonesia. Upaya realisasi visi tersebut, tertuang dalam misi perusahan yaitu:

  1. Mengembangkan kemampuan sumber daya manusia PT. Gazgas Indonesia secara berkesinambungan.
  2. Mengaplikasikan Quality Management System yang mendukung perkembangan perusahaan secara keseluruhan.
  3. Mengaplikasikan Management Information System untuk menciptakan kegiatan operasional perusahaan yang efektif dan efisien.
  4. Membangun hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan dengan stake holder (Pelanggan, pemasok, pemegang saham, karyawan/tenaga kerja, masyarakat sekitar, pemerintah, pihak-pihak lain yang terkait dan lingkungan hidup secara keseluruhan).
  5. Memiliki jaringan bisnis yang kuat di seluruh Indonesia pada tahun 2018.

 

Selanjutnya bapak Adi didampingi Bapak Rudi Sarono selaku Sales Manager memaparkan produk-produk ungulan diantaranya:

Dirt Bike

1.      GX50/SE50 (Motor 2 Tak 50 cc)

Foto 2. Brosur GX50

2.      Raptor (Motor 4 Tak 110/125 cc)

Foto 3. Brosur Raptor

3.      Hummer (Motor 4 Tak 150 cc)

Foto 4. Brosur Hummer

4.      GE250Z2 (Motor 4 Tak 250 cc)

Foto 5. Brosur GE250

5.      GXE450 (Motor 4 Tak 450 cc)

 

Classic Bike

1.      Monkey 110 cc (Motor Mini) dan Gorilla 110 cc (Motor Mini)

Foto 6. Brosur Monkey Gorilla

2.      Gazelo 125 cc (Motor Bebek/ Cub)

Foto 7. Brosur Gazelo

Harga produk off the road sebagai berikut:

Foto 8. Harga Offroad Sepeda Motor Produk Gazgas

Setelah pemaparan mengenai company profile dan produk oleh Bapak Adi dan Bapak Rudi mengajak rombongan untuk berkeliling pabrik. Adapun yang pertama adalah Bagian Perakitan

Pada bagian perakitan terdapat 4 bagian. Adapun keempat bagian tersebut yaitu

  1. Pemeriksaan Spare Part
  2. Sub Assembly (Meja 1 hingga 4, merakit spare part menjadi satu kesatuan sub bagian seperti merakit mesin ke rangka, dll.)
  3. Perakitan (Jalur perakitan ini sub bagian komponen sepeda motor akan dirakit menjadi satu menjadi sepeda motor untuh)
  4. Uji Kelayakan (Uji performa dan tes fungsi-fungsi setiap komponen apakah bekerja sesuai dengan standar)

Bagian kedua adalah Workshop Perbaikan sepeda motor yang tidak lolos uji kelayakan. Sepeda motor yang tidak lolos uji kelayakan akan dianalisa komponen mana yang rusak dan akan diganti dengan komponen yang baru. Selanjutnya Bagian Ketiga dari pabrik adalah Ruang Stamping Nomor Rangka dan Mesin. Terdapat mesin otomatis dengan program komputer untuk membuat nomor rangka dan mesin. Terakhir bagian dari pabrik adalah Gudang Sparepart yang dimana gudang tersebut mensupport kebutuhan after sales produk ke seluruh Indonesia.

Akhirnya seluruh bagian pabrik telah dikunjungi dan sesi terakhir yaitu penutup, pemberian cindera mata, sertifikat kunjungan dan foto bersama. Setelah sesi penutupan dilakukan berakhirlah kunjungan industry ke PT Gazgas Indonesia, pabrik perakitan sepeda motor lokal dari Pasuruan dan berakhirlpula kunjungan industri dari program keahlian ganda di pusat belajar P4TK BOE Malang.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Irfan F. Wibisono

About adminsmk2

Check Also

IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI DI SEKOLAH

Saat ini, kegiatan di sekolah ditengarai belum optimal mengembangkan kemampuan literasi warga sekolah, khususnya guru …