Home / Berita / Selamat Hardiknas 2020

Selamat Hardiknas 2020

Tema yang diusung pada peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2020 ini adalah “Belajar dari Covid-19”. Peringatan Hardiknas 2020 juga dilengkapi dengan logo yang dilambangkan dengan sebuah bintang, Bintang Pendidikan.

Logo ini hendak memancarkan semangat yang nyata. Pilihan warna dari logo ini memiliki makna semangat kreatifitas dan inovasi generasi muda dalam memaksimalkan potensi intelektual. Logo Hardiknas 2020 dibentuk dari 3 elemen, yakni bintang, keceriaan, dan pena.

Bintang, menggambarkan semangat Hardiknas untuk melahirkan generasi Indonesia yang unggul, cerdas, dan berkarakter. Dengan garis luwes menggambarkan semangat adaptif dan tangguh menghadapi perubahan zaman yang kian dinamis.

Keceriaan, menggambarkan suasana pendidikan Indonesia yang menggembirakan, gotong royong, serta partisipasi publik.

Pena, menggambarkan proses pendidikan sebagai proses penciptaan karya yang memerlukan perpaduan holistik antara kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual.

Logo ini juga selaras dengan cita-cita Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei juga diperingati sebagai hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara.

Hardiknas pada 2020 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Jika biasanya Hardiknas dirayakan secara luas di Indonesia, kini di tengah wabah pandemi Corona perayaan hanya dilakukan terpusat. Kemendikbud mengumumkan tema Hardiknas 2020 atau Hari Pendidikan Nasional besok, 2 Mei 2020 yakni “Belajar dari Covid-19” Selain memublikasikan logo resmi Hardiknas 2020, Kemendikbud juga mengeluarkan Pedoman Penyelenggaraan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2020.

Pedoman Penyelenggaraan Hardiknas Tahun 2020 disampaikan melalui surat Nomor 42518/MPK.A/TU/2020, tertanggal 29 April 2020 dan ditandatangani oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. Dalam pedoman tersebut, Kemendikbud juga meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang biasanya dilakukan satuan pendidikan, kantor Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah, serta perwakilan pemerintah Republik Indonesia di luar negeri sebagai bentuk pencegahan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Pendidikan akan membentuk karakter sebuah bangsa. Jadikan semua tempat adalah tempat belajar dan semua orang adalah guru.

Selamat Hari Pendidikan 2020.

#BelajarDariCovid-19

#BelajarDariRumah

#MengajarDariRumah

#DiRumahAja

Sumber ; Diolah dari berbagai sumber


About adminsmk2