Home / Artikel / SMKN 2 Kuripan Menyiapkan diri dalam Pengembangan Energi Terbarukan

SMKN 2 Kuripan Menyiapkan diri dalam Pengembangan Energi Terbarukan

Kuripan – Saat ini baru terdapat sedikit SMK TET di seluruh Indonesia. Padahal industri energi terbarukan sangat memerlukan operator bagi pengoperasian pembangkit listrik tenaga surya maupun pembangkit listrik tenaga angin lulusan SMK TET bisa bekerja menjadi teknisi di bidang energi terbarukan. Misalnya menjadi operator pembangkit listrik tenaga air, angin.

Penyerapan lulusan SMK TET dalam pemenuhan tenaga kerja energi terbarukan memang diperlukan. Apalagi pemerintah sedang mengembangkan program pembangkit listrik 35 ribu MW dimana kontribusi energi terbarukan dalam bauran energi ditarget 23% pada tahun 2025. Kementerian ESDM memperkirakan energi terbarukan di Indonesia akan membutuhkan 70 ribu tenaga kerja yang terdidik, terlatih dan kompeten.

 

 

 

 

 

 

 

Menangkap peluang tersebut melalui Program studi, kemampuan guru dan peralatan SMK Negeri 2 Kuripan mengembangkan pembelajaran energi terbarukan dalam bentuk ekstra kurikuler yang terintegrasi dalam prgram keahlian yang terkait erat dengan bidang TET, antara lain pada program keahlian ketenagalistrikan, elektronika, mesin dan gambar bangunan.

Dalam perkembangannya SMKN 2 Kuripan merencanakan membuka program keahlian khusus di bidang Energi Terbarukan, mengingat persiapan alat, guru dan kurikulum telah lama disiapkan.

 

About adminsmk2

Check Also

Uji Kompetensi Siswa (UKK) SMK Sarana Mengukur Daya Saing Peserta Didik

SMK Bisa SMK Hebat jargon yang menjadi penyemangat bagi jutaan peserta didik sekolah menengah kejuruan …