Home / Artikel / RINJANI – Yayasan Diklat Otomotif Gratis khusus Dhuafa dan Bengkel Umum Mobil, Batu – Malang, Jawa Timur.

RINJANI – Yayasan Diklat Otomotif Gratis khusus Dhuafa dan Bengkel Umum Mobil, Batu – Malang, Jawa Timur.

 

Pagi yang cerah dan senyum merekah tersemat pada bibir para peserta program keahlian ganda. Setelah penat dan jenuh sebulan mengikuti pelatihan di kelas – bengkel maka pagi ini tampak wajah berseri-seri siap melakukan kunjungan industri. Kunjungan Industri (KI) Program Keahlian Ganda IN-1 P4TK BOE Sesi 1 bidang otomotif dilaksanakan pada hari Kamis, 7 April 2017. Peserta KI terdiri dari 3 kelas yaitu TKR – AT, TKR – AU dan TSM – BL dan pendamping dengan total 50 peserta. Menggunakan Bus Pariwisata rombongan bertolak dari P4TK BOE Malang pukul 08.00 menuju Rinjani Skill Development Centre (RSDC) Jalan Ir. Soekarno No. 31 C, Junrejo, Batu, Malang. Rombongan tiba dilokasi pukul 9:15 dan langsung disambut dengan ramah oleh pengurus RSDC. Selama kurang lebih 20 menit peserta diberikan keleluasaan untuk melihat fasilitas, kondisi dan kegiatan yang sedang dilakukan di RSDC. Selanjutnya kami diberikan pemaparan mengenai Yayasan dan Bengkel umum RSDC dan berikut adalah hasil pemaparan tersersebut.

Foto 2. Tampak Depan Yayasan dan Bengkel Umum Rinjani

Rinjani Skill Development Centre (RSDC) adalah sebuah yayasan sosial yang berdiri diatas lahan seluas 2694 m² terletak di Jalan Ir. Soekarno No. 31 C, Junrejo, Batu, Malang, Jawa Timur. RSDC didirikan oleh Walikota Batu, Bapak Eddy Rumpoko pada 24 Agustus 2008. Sejak 29 Juli 2013 RSDC telah dihibahkan kepada Universitas Muhammadiyah Malang. Yayasan ini fokus membantu program pemerintah dalam rangka mengentaskan kemiskinan dan mengurangi angka pengangguran dengan cara memberikan pendidikan dan pelatihan bidang otomotif roda 4 (mobil) yang diutamakan untuk masyarakat dhuafa.

Foto 3. Kegiatan Service – Perbaikan Mobil di Rinjani

RSDC dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap dari mulai gedung berlantai 2 dengan fasilitas : 2 Ruang kelas teori, 1 Ruang aula, 1 Ruang bengkel servis, 1 Ruang bengkel cuci, 3 Gudang, 2 Ruang administrasi dan 2 Ruang kantor, 1 Ruang Tunggu, Mushola dan 3 kamar kecil. Kegiatan Pelatihan dilengkapi dengan alat-alat bantu mengajar multimedia serta media-media belajar yang modern, peralatan bengkel yang komplit dan didukung oleh instruktur dan mekanik yang bersertifikat serta berpengalaman di dunia otomotif.

Foto 4. Sesi Pemaparan Yayasan dan Bengkel Umum Rinjani

Peserta Didik dikhususkan untuk para kaum Dhuafa lulusan SMA/ SMK sederajat (usia maksimal 25 tahun pria) melalui seleksi masuk, baik seleksi administrasi, seleksi potensi akademis, seleksi wawancara, seleksi praktik dan seleksi mengaji dengan kuota 30 peserta. Selama menjalani diklat, peserta didik mendapatkan fasilitas pakaian kerja, alat dan bahan praktik, buku materi, asrama, makan, kesehatan dan magang di bengkel secara gratis alias tanpa dipungut biaya sepesepun. Yayasan ini juga menerima peserta prakerin/ PKL/ PSG dari SMK sekitar.

Foto 5. Peserta Keahlian Ganda Sesi Pemaparan Yayasan dan Bengkel Umum Rinjani

Model kegiatan pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan pada RSDC adalah model Sandwitch atau moel berlapis, yaitu peserta didik mendapatkan kesempatan belajar teori praktek dan praktek lapangan langsung dibengkel secara kontinyu dan bergantian dengan durasi waktu pergantian setiap satu minggu. Dengan arti kata lain bahwa peserta diklat berada di ruang teori satu minggu, kemudian langsung terjun di bengkel satu minggu dan pada minggu berikutnya mendapatkan teori serta kembali langsung dibengkel pada satu minggu berikutnya lagi dan seterusnya selama 1 tahun, dengan demikian diharapkan skill dan etos kerja dari peserta didik akan cepat terbentuk. Materi pendidikan dan pelatihan meliputi:

  1. Dasar motor bakar/ mesin Bensin – Disel
  2. Pengapian konvensional/ platina
  3. Pengapian elektronik (CDI/ TCI)
  4. Sistem karburator
  5. Sistem Injeksi
  6. Tune-up Konvensional
  7. Overhaul Mesin
  8. Dasar Kelistrikan Kendaraan
  9. Listrik Body (lampu-lampu kendaraan)
  10. Sistem Pengisian
  11. Sistem Starter
  12. Sistem Transmissi Manual dan Otomatis
  13. Sistem Rem
  14. Sistem Kemudi dan Power Steering
  15. Geometri Roda (Spooring/ Understeel)
  16. AC Mobil

Foto 6. Fasilitas Cuci Mobil

Sedagkan bengkel umumnya bergerak dalam bidang Konsultasi otomotif, service dan perbaikan mobil, cuci – salon mobil, spooring – balancing, isi gas nitrogen, ganti ban, spare parts, body repair, asesoris mobil dan GPS.

Bagi yang berminat mengikuti pelatihan di RSDC Pendaftaran Gelombang I dibuka tanggal 17 April – 17 Mei 2017, Gelombang II dibuka tanggal 18 Mei – 17 Juni 2017 dengan mengisi angket yang telah disediakan dan mengembalikannya ke bagian administrasi RSDC Jalan Ir. Soekarno No. 31 C, Junrejo, Batu, Malang, Jawa Timur dengan melampirkan:

  1. Fotokopi KTP calon peserta didik/ KK
  2. Fotokopi nilai raport terakhir/ Ijazah
  3. Surat keterangan tidak mampu dari kelurahan/ sekolah/ pondok pesantren
  4. Rekening pembayaran listrik (asli)
  5. Foto rumah tampak luar (1 lembar) dan dalam rumah (1 lembar) ukuran 3R

 

Foto 7.  Angket Orangtua

Foto 7.  Angket Peserta Didik

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi 0341 – 461430, adapun untuk mengetahui lebih lanjut mengenai RSDC dapat mengunjungi laman http://rinjaniotomotif.blogspot.co.id/

Pukul 10:45 sesi pemaparan telah selesai dan peserta KI melanjutkan kunjungan ke museum angkut. Insyaalah liputan KI di museum angkut akan dilaporkan pada artikel teripsah.

 

Semoga bermanfaat.
Salam,

Irfan F. Wibisono

About adminsmk2

Check Also

Uji Kompetensi Siswa (UKK) SMK Sarana Mengukur Daya Saing Peserta Didik

SMK Bisa SMK Hebat jargon yang menjadi penyemangat bagi jutaan peserta didik sekolah menengah kejuruan …