Home / Artikel / Kahoot, Cara Lain Menikmati Pembelajaran (Bagian 1)

Kahoot, Cara Lain Menikmati Pembelajaran (Bagian 1)

Gambar 1. Pembelajaran Melalui Permaina Kuis

Apakah bapak ibu masih ingat dengan salah satu program siaran televisi Kuis Siapa Berani? Yak benar, acara kuis yang dibawakan oleh Helmi Yahya dan Maudy Kusnaedi pada tahun 2000an. Peserta dari acara ini terdiri dari 5 kelompok yang tersusun dalam kelompok A, B, C, D dan E. Masing-masing kelompok terdiri dari 20 orang. Pada babak penyisihan, pembawa acara membacakan soal dengan jawaban “Benar atau Salah” dan peserta menjawab melalui tombol yang telah disediakan. Pada babak penyisihan ini akan diambil 1 peserta terbaik dari masing-masing kelompok dan akan mewakili kelompoknya untuk bertanding ke babak berikutnya. Seru sekali kuisnya… nah namun bukan Kuis Siapa Berani-nya yang akan dibahas dalam artikel ini, tetapi pernahkan bapak ibu membayangkan program apa yang dibuat untuk menjaring jawaban dari 100 peserta dengan tombol pilihan? dan bagaimana jika kuis seperti itu kita terapkan pada pembelajaran dikelas? Sepertinya menarik…

Gambar 2. Kahoot, Membuat Pembelajaran Mengagumkan!

Jika bapak ibu berminat menghadirkan “Kuis Siapa Berani” pada pembelajaran dikelas, maka Kahoot adalah solusinya. Bapak ibu tidak perlu ribet memikirkan perangkat tombol dan program analisinya. Serahkan semuanya pada Kahots. Lalu siapakah Kahoot itu? Sebelum mengenal lebih jauh tentang Kahoot ada prasyarat yang harus dihadirkan dalam kelas, yaitu laptop utama, proyektor, jaringan internet, dan perangkat pengakses yang digunakan oleh siswa bisa berupa ponsel cerdas, tablet, laptop, atau PC.

Gambar 3. Kahoot Dapat Membuat Kuis Pilihan Ganda atau Diskusi dan survey

Kahoot adalah media pembelajaran berbasis permainan gratis dalam bidang pendidikan. Media ini diluncurkan pada bulan Agustus 2013 dari Norwegia. Kahoot adalah kuis pilihan ganda atau diskusi dan Survey  yang dapat diciptakan oleh siapa saja dan tidak terbatas pada tingkat usia atau materi pelajaran. Dengan menggunakan media Kahoot, guru dapat menampilkan pertanyaan kuis ke layar di depan kelas menggunakan proyektor dan siswa akan diberi waktu +/-30 detik untuk memilih jawaban di laptop, tablet, atau ponsel cerdas-nya masing-masing. Siswa mendapatkan poin untuk pilihan yang benar, dan poin tambahan untuk mengklik lebih cepat. Selama periode jawaban, Kahoot mengeluarkan lagu hitung mundur yang menarik. Jawaban pertanyaan siswa dapat ditampilkan didepan kelas baik yang benar dan salah. Selanjutnya, program akan mengkalkulasi rangking kelima siswa teratas berdasarkan poin yang terakumulasi.

Gambar 4. Cara Siswa Mengikuti Pembelajaran dengan Kahoot

Kemudahan lain yang ditawarkan Kahoot adalah bagi siswa yang akan mengikuti kuis tidak perlu untuk mendaftar menggunakan email dan membuat account. Cukup mengunjungi website kahoot.it atau bagi pengguna ponsel cerdas dan tablet dapat mengunduh aplikasinya melalui playstore dan masukan kode pin berupa angka yang diberikan guru, maka secara otomatis siswa terdaftar sebagai peserta kuis.

Gambar 5. Tidak Perlu Daftar, Cukup Masukkan Kode Pin dan Ikuti Kuis

Tentunya Kahoot bisa berjalan dengan baik jika semau perangkat tersedia atau bisa juga dengan kebijakan “bawa perangkat Anda sendiri”, tentu ini menjadi tantangan tersendiri dan bertolak belakang dengan peraturan sekolah yang melarang siswa membawa ponsel di lingkungan sekolah.

Apakah bapak ibu tertarik dengan media pembelajaran ini?. Monggo tuliskan komentar dan urun rembug-nya pada kolom yang telah disediakan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Irfan F. Wibisono

 

About adminsmk2

Check Also

IMPLEMENTASI KEGIATAN LITERASI DI SEKOLAH

Saat ini, kegiatan di sekolah ditengarai belum optimal mengembangkan kemampuan literasi warga sekolah, khususnya guru …