Home / Artikel / Variasi Tugas-tugas dengan Teka Teki Silang

Variasi Tugas-tugas dengan Teka Teki Silang

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pernahkan bapak/ ibu mengalami peserta didik tidak bergairah dalam mengarjakan tugas yang kita berikan? Mungkin salah satu penyebabnya adalah soal-soal tugas yang kita berikan terlalu monoton begitu begitu saja. Nah untuk mensiasatinya kita perlu memberikan variasi pada tugas-tugas yang kita berikan, salah satunya adalah dengan memberikan tugas dengan TTS (Teka Teki Silang).

Teka teki silang? Menurut Wikipedia Teka-teki silang, umumnya disingkat dengan TTS, adalah suatu permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Pada perkembangan selanjutnya, teka-teki ini juga ditujukan untuk soal-soal yang harus diisikan dengan angka. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori “mendatar” dan “menurun”. Jadi peserta didik kita arahkan untuk mengerjakan tugas/ soal dengan mengisi teka-teki silang.

Repot membuat? Nah jangan khawati, bapak/ ibu tidak perlu membuat secara manual karena ada software khusus untuk membuat TTS tersebut. Salah satu softwarenya adalah Crossword Forgie. Crossword Forge adalah software yang digunakan untuk membuat permainan teka-teki silang dan permainan mencari kata dengan cepat dan mudah. Bapak/ ibu hanya perlu mengisi pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan tersebut dan biarkan Crossword Forge yang menyusun dan mengurutkan kotak-kotak jawaban dari teka-teki silang yang akan dibuat. Nantinya hasil dari teka-teki silang atau permainan mencari kata yang telah dibuat dapat disimpan dengan format pdf, text, image dan juga web (flash). Untuk penggunaan teka-teki silang di kelas Bapak/ ibu juga cukup mencetaknya dan membagikan pada peserta didik untuk mengerjakannya.

Cara Mengoperasikan Crossword Forgie? Berikut adalah petunjuk cara menggunakan Crossword Forgie:

Langkah 1

Klik menu “Title”

Pada kotak Primary isikan Judul TTS yang akan dibuat, kemudian untuk kotak Secondary isikan sub judul yang dikehendaki ataupun keterangan tambahan. Selanjutnya klik “Make Puzzle”.

Langkah 2

Klik Menu “Clues”

Ini digunakan untuk memasukkan daftar pertanyaan dan jawaban. Pertanyaan isikan pada kotak Clue dan Jawaban pada kotak Answer. Nomor soal berikutnya klik “Next” dan untuk pertanyaan terakhir klik “Last”. Selanjutnya klik “Make Puzzle”.

Langkah 3

Klik Menu “Backdrop”

Menu ini digunakan untuk memberikan gambar latar belakang pada lembar TTS yang kita buat

Pilih No Backdrop untuk tidak memberikan gambar (polos)

Atau  Pilih Solid Backdrop akan muncul latar hitam atau sesuai warna yang kita kehendaki

Atau Pilih Pitcure Backdrop untuk memberikan gambar yang kita inginkan

Selanjutnya klik “Make Puzzle”.

Langkah 4

Klik Menu “Puzzle”

Pilih “Crossword” makan soal akan ditampilkan berupa TTS

Atau pilih “Wordsearch” makan soal akan ditampilkan berupa pencarian kata seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya klik “Make Puzzle”.

Langkah 5

Klik menu “Advance”, menu ini digunakan untuk mengatur berapa lebar kolom dan baris yang kita kehendaki. Selanjutnya klik “Make Puzzle”.

Langkah 6

Klik menu “Export” untuk mecetak TTS yang telah kita buat kedalam format PDF, text, image atau web (flash).

Langkah 7

Pilih PDF untuk mecetak ke dalam format PDF. Selanjutnya klik “Export” maka akan muncul tampilan di bawah ini.

Langkah 8

Save ke drive yang kita kehendaki dan selesai.

Nah mudah kan, ingin mencobanya silahkan unduh program Crossword Forgie dengan meng-klik tautan di bawah ini..

DOWNLOAD CROSSWORD FORGIE

Selamat berkreasi, semoga bermanfaat.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

About adminsmk2

Check Also

Uji Kompetensi Siswa (UKK) SMK Sarana Mengukur Daya Saing Peserta Didik

SMK Bisa SMK Hebat jargon yang menjadi penyemangat bagi jutaan peserta didik sekolah menengah kejuruan …