Home / Visi dan Misi

Visi dan Misi

VISI :

Terciptanya Ekosistem Pendidikan yang menghasilkan Tamatan Berkarakter, Kompeten dan Berjiwa Wirausaha untuk mampu berdaya saing di era globalisasi

MISI :

  1. Meningkatkan mutu pembelajaran yang berorientasi untuk menghasilkan tamatan yang siap pakai di dunia kerja, memiliki jiwa wirausaha untuk mandiri, professional dibidangnya, serta mampu menerapkan nilai-nilai IMTAQ dalam mengikuti perkembangan IPTEK dan globalisasi
  2. Melakukan Standar Pelayanan Minimal yang terbaik untuk semua pelanggan
  3. Menerapkan sistem manajemen mutu dengan melibatkan seluruh warga sekolah mewujudkan SMKN 2 Kuripan sebagai SMK berstandar nasional;
  4. Mengimplementasikan kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan menyelenggarakan program diklat secara optimal yang berorientasi pada pencapaian kompetensi berstandar nasional melalui Competency Based Trainning (CBT) dengan pendekatan Production Based Training (PBT), dan Life Skills Education.
  5. Meningkatkan kompetensi tenaga Pendidik dan kependidikan melalui pelatihan dan magang industri untuk melahirkan generasi unggul.
  6. Mengembangkan fasilitas pendidikan yang mendukung kompetensi peserta didik baik mengadakan sendiri, bantuan pemerintah pusat atau daerah, maupun melalui kerjasama dengan pihak lain (out sourcing).
  7. Melaksanakan evaluasi, pengukuran dan sertifikasi dengan menggunakan perangkat, prosedur, serta mekanisme standar nasional dan internasional.
  8. Menciptakan lingkungan sekolah yang Bersih, Hijau, Nyaman dan kondusif baik fisik dan psikis warga sekolah dengan kersamaan untuk keberhasilan pembelajaran dan pembinaan siswa.
  9. Meningkatkan mutu pembinaan siswa yang berorientasi pencapaian prestasi untuk mampu berinovasi, kreatif dan berkarakter.
  10. Mengembangkan dan mengintensifkan hubungan kerjasama dengan Industri untuk mewujudkan sekolah berbasis industri.
  11. Mengembangkan dan mengintensifkan hubungan kerjasama masyarakat untuk menciptakan sekolah berbasis masyarakat.

NILAI-NILAI :

Nilai-nilai yang harus dipedomani dan dijadikan acuan dalam bertindak dan berperilaku adalah:

  1. Akhlak Mulia: tradisi tata krama pada semua warga sekolah.
  2. Kebersamaan: Meningkatkan rasa kebersamaan dalam mencapai tujuan.
  3. Saling percaya dan saling menghargai: Menumbuhkan sikap saling percaya kepada semua warga sekolah untuk mencapai kesuksesan serta setiap warga sekolah harus saling menghormati tugas, fungsi dan tanggung jawab masing-masing.
  4. Kreatif dan Inovatif: Tidak pernah merasa puas atas prestasi yang dicapai, tetapi selalu mensyukurinya dan selalu mengembangkan ide-ide baru dalam melakukan pembahuruan untuk keunggulan SMK Negeri 2 Kuripan.
  5. Pelayanan Prima: Selalu memberikan pelayanan kepada semua stakeholder dengan sebaik-baiknya berdasarkan prinsip A3: Attitude (sikap),Attention (perhatian), dan Action (tindakan).
  6. Transparansi: Adanya keterbukaan dalam pengambilan keputusan(kebijakan), dan hubungan antar sesama warga sekolah.
  7. Disiplin: setiap warga sekolah harus menegakkan disiplin sesuai dengan aturan yang berlaku.
  8. Bekerja sebagai ibadah : Apabila setiap pekerjaan, tugas dan tanggung jawab diniati dengan ikhlas dan semata-mata sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa, maka disamping akan meningkatkan derajat keimanan, ketaqwaan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, juga semangat ibadah akan membuat semua pekerjaan kita menjadi ringan. Dengan niat ibadah juga akan membuat kerja kita lepas dari nilai-nilai yang tidak terpuji.